Lansia yang Hobi Minum Kopi Ginjalnya Sehat, Ini Kata Ahli Kesehatan

Kamis, 15 Desember 2022 - 09:40 WIB
loading...
Lansia yang Hobi Minum Kopi Ginjalnya Sehat, Ini Kata Ahli Kesehatan
Ahli Kesehatan Prof Zubairi Djoerban menjelaskan minum kopi terbukti membawa manfaat bagi kesehatan ginjal lansia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ahli Kesehatan Prof Zubairi Djoerban menjelaskan minum kopi terbukti membawa manfaatbagi kesehatan. Ia menyebutkan satu studi terbaru pada lansia menunjukkan bahwa minum kopi dapat menyehatkan ginjal.

"Kabar baik untuk pencinta kopi. Studi menunjukkan minum kopi memperlambat penurunan fungsi ginjal pada usia lebih dari 70," kata Prof Zubairi Djoerban, dikutip dari Twitter pribadinya, Kamis (15/12/2022).

Tak hanya itu, studi yang ditampilkan Prof Beri, sapaan akrabnya, juga memperlihatkan hasil positif kebiasaan minum kopi terhadap penurunan risiko penyakit ginjal kronis (CKD).

Di dalam studi tersebut dijelaskan bahwa kandungan yang ada di dalam kopi yang punya sifat antioksidatif dan anti-inflamasi berperan baik terhadap kestabilan tekanan darah, resistensi insulin, dan hiperglikemia.



"Karena adanya kandungan anti-inflamasi ini yang kemudian menjadi faktor penentu bagaimana kopi berperan menjaga kesehatan tubuh lansia yang mana tingkat peradangan dan stres oksidatif-nya relatif tinggi," tulis studi tersebut.

Diterangkan juga bahwa kopi membantu menjaga kesehatan tubuh orang dengan obesitas dan perokok. Walau tingkat kebaikannya sangat bervariatif.

Jadi, konsumsi kopi yang tepat ternyata berperan baik untuk kesehatan tubuh lansia. Jadi, seperti apa yang dikatakan Prof Beri di cuitannya, "Mari angkat cangkirnya, seruput, dan nikmati aromanya."
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)